40 Peluang Usaha yang Masih Menjanjikan di Tahun Ini

Peluang usaha dalam era digital sangat luas, tergantung pada kemampuan Anda dalam mengidentifikasi dan memanfaatkannya.

Anda bahkan bisa memulai bisnis tanpa modal besar, hanya dengan memiliki laptop atau ponsel yang terhubung dengan internet dan alamat email.

peluang-usaha-yang-menjanjikan-tahun-2022

Gambar ilustrasi oleh Dan Nelson dari Pixabay

“Saya masih gaptek, tidak punya laptop dan ponsel apakah masih ada peluang?” Jangan khawatir masih banyak pilihan peluang usaha yang bisa Anda mulai di sini.

Ada berbagai jenis peluang usaha yang paling dicari netizen, mulai start up, kerja online, property bahkan freelance yang tidak membutuhkan biaya.

Jika Anda tertarik, ada 40 jenis peluang usaha di sini. Pilih yang paling cocok menurut Anda. Yuk simak ulasan berikut.

Peluang Usaha Online

1. Blogger Reviewer

Peluang usaha pertama adalah blogger reviewer. Anda bisa mereview berbagai product makanan, pakaian ataupun sebuah channal youtube, misalnya. Dan masih banyak hal-hal yang bisa Anda gali lagi di sini.

Menjadi reviewer merupakan salah satu peluang bisnis online yang menguntungkan. Jenis bisnis ini juga sudah bukan hal yang baru, dan saat ini merambah ke banyak kanal lain selain blog.

Memulai bisnis ini juga sangat mudah. Serta nyaris tidak membutuhkan modal apapun. Selain tentu saja beberapa peralatan dasar seperti laptop, ponsel, serta koneksi internet. Bisnis ini juga sifatnya bisa dilakukan di rumah sehingga semakin memberikan keuntungan besar.

Bisnis sebagai reviewer, baik itu di kanal website, blog, ataupun YouTube, pastinya harus memiliki kemampuan tersendiri. Kemampuan menulis atau copywriting menjadi satu hal utama. Serta tentunya kepekaan untuk membuat review sebuah produk atau jasa dari klien.

2. Influencer

Menjadi Influencer juga merupakan bisnis online yang menggiurkan. Sosok seorang influencer bukan hanya sekedar harus memiliki jumlah pengikut tertentu saja di media sosial. Melainkan juga mampu memberikan peran atau mempengaruhi para pengikut mereka.

Itulah sebabnya tarif seorang influencer bisa bernilai jutaan sampai puluhan juta!!?

Bukan sekedar di Instagram saja. Seorang Influencer justru tersebar nyaris di semua kanal media sosial. Mulai dari Twitter, Facebook, sampai TikTok dan juga YouTube. Platform ini memiliki deretan influencer masing-masing dengan pengaruh yang besar untuk pengikut mereka.

Menjadi influencer juga nyaris tidak membutuhkan modal. Meski tentu dibutuhkan branding yang kuat serta kemampuan copywriting untuk bisa mempengaruhi pengikut mereka

3. Affiliate Marketing

Menjadi Affiliate marketing merupakan salah satu bisnis online yang mudah dilakukan. Asal memiliki website atau blog, maka bisa melakukan bisnis affiliate marketing dan tanpa memerlukan modal.

Peluang usaha online ini juga mudah dilakukan. Bahkan juga bisa menjadi sampingan bila sembari menjalankan bisnis reviewer di blog atau sebagai influencer. Maka affiliate marketing akan semakin memberikan keuntungan besar.

Bagaimana cara kerjanya? Anda hanya memasukkan sebuah link ke dalam postingan atau blog. Nantinya keuntungan akan didapatkan dari banyaknya pengunjung yang melalui link tersebut. Biasanya akan ada ketentuan tersendiri apakah berdasarkan dari jumlah kunjungan dari link, penjualan atau bahkan mendaftar sebagai anggota.

Menariknya lagi, bisnis ini memberikan keuntungan karena cukup diletakkan link tersebut dan akan terus memberikan keuntungan. Bisa dikatakan sebagai pemasukan pasif dalam bisnis.

4. Domain dan Hosting

Peluang usaha yang satu ini memang membutuhkan kemampuan dan keahlian khusus. Tapi memberikan keuntungan yang tidak kalah besar. Selain itu juga bisa dijalankan nyaris tanpa memerlukan modal sama sekali.

Bisnis domain atau hosting sangat dibutuhkan dengan berkembangnya dunia digital seperti saat ini. Terutama nyaris semua perusahaan atau mereka yang bekerja di bisnis online akan memerlukan website. Sehingga domain dan hosting akan menjadi bisnis dengan prospek menguntungkan.

Cara menjalankan bisnis ini pastinya dibutuhkan kemampuan dan pengetahuan khusus tentang hosting. Selain itu juga mengenai domain website, matric, dan lain-lain. Untungnya informasi mengenai hal ini mudah dipelajari sendiri jadi bisnis domain dan hosting juga masih sangat mungkin untuk dilakukan.

5. Penerbit Iklan

Menjadi penerbit iklan atau advertising publisher juga menjadi bisnis online lain yang menguntungkan. Sedikit berbeda dengan affiliate marketing, yang keuntungannya dinilai dari banyaknya klik atau pengguna dari link tersebut. Penerbit iklan mendapatkan keuntungan dari iklan yang diterbitkan melalui website dan blog.

Websiite ataupun blog tentu sangat dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini. Terutama website dan juga blog dengan jumlah pengunjung atau traffic yang tinggi.

Jenis iklan yang ditampilkan akan ada beberapa macam. Mulai dari iklan baris, banner, sampai juga iklan yang berada di dalam postingan. Bahkan juga iklan pop-up.

Peluang Usaha Freelance

6. Penulis Lepas

Peluang usaha freelance saat ini memang lebih banyak dilakukan secara online, dengan berbagai bidang berbeda. Salah satu bidang kerja freelance yang saat ini digemari dan menguntungkan merupakan penulis lepas.

Penulis lepas banyak dibutuhkan sebagai kontributor di website maupun blog. Pekerjaan utama para penulis ini tentu saja membuat artikel yang menarik untuk nantinya diterbitkan.

Bisnis ini juga semakin menguntungkan karena banyak perusahaan besar sekalipun yang mencari penulis online untuk mengisi artikel di blog maupun website mereka. Satu lagi, usaha satu ini juga tidak membutuhkan modal.

7. Mentorship

Memberikan mentor atau konsultasi juga menjadi satu usaha menggiurkan yang bisa dikerjakan secara freelance. Bila Anda memiliki kemampuan tertentu, terutama sudah menguasai bidang tersebut sepenuhnya, menjadi mentor merupakan pilihan usaha menggiurkan.

Saat ini mentorship atau konsultan sudah berkembang ke dunia digital. Pemberian materi, pelatihan, sampai diskusi dilakukan secara online. Baik itu melalui pesan di grup, sampai webinar.

Bidang materi yang biasanya banyak dicari dari mentorship ini misalnya seperti bisnis, copywriting, marketing, finansial parenting, sampai juga mengenai pengembangan diri. Tentunya agar usaha freelance ini berjalan dengan lancar, pastikan benar-benar menguasai bidang materi tersebut ya!

8. Web Designer

Ini dia pekerjaan yang sangat mungkin menjadi usaha freelance yang menggiurkan. Web designer memang akan sangat dibutuhkan di era digital seperti saat ini. Terlebih dengan meningkatnya penggunaan website untuk usaha serta bisnis.

Membangun usaha web designer freelance juga nyaris tidak memerlukan modal. Hanya komputer, koneksi internet, dan pastinya kemampuan untuk mendesain sebuah website menjadi tampilan menarik.

Untuk memulai bisnis ini, memiliki portofolio merupakan satu hal pasti dan penting. Jadi sebelum terjun ke bisnis tersebut, pastikan sudah lebih dulu memiliki portofolio dengan desain website yang keren untuk dapat menarik perhatian klien ya.

Keuntungan yang didapatkan dengan menjadi web desainer juga cukup besar untuk sebuah usaha freelance loh. Tergiur kan?

9. Desainer

Sama seperti web desainer, desainer juga sangat mungkin dilakukan sebagai usaha freelance. Desainer yang handal dibutuhkan untuk berbagai bidang industri. Baik itu untuk pemasaran dan branding, sampai juga desain tampilan postingan sosial media.

Usaha freelance desainer saat ini memang digemari dengan meningkatnya dunia digital. Perusahaan besar bahkan juga sektor UKM dan usaha kecil lain berbondong-bondong melakukan digital marketing. Dimana salah satunya akan bergantung pada tampilan desain.

Seperti juga usaha freelance lain, untuk menjadi desainer nyaris tidak dibutuhkan modal. Selain kemampuan dan juga kreativitas yang mampu menarik perhatian klien.

10. Fotografer

Usaha freelance lain yang wajib dilirik. Fotografer terbukti sebagai bisnis yang memberikan keuntungan besar. Terutama saat ini semakin banyak dibutuhkan fotografer untuk keperluan berbeda.

Peluang bisnis fotografer juga sudah sangat meluas. Mulai dari fotografer acara seperti untuk prewedding dan wedding, wisuda, arisan, ulang tahun, dan juga kegiatan-kegiatan lain. Sampai juga fotografer untuk iklan, pemotretan, kebutuhan media sosial seperti untuk influencer atau blogger, dan juga untuk company profile, misalnya.

Sedikit berbeda dengan usaha freelance lain, fotografer memang membutuhkan modal untuk membeli peralatan. Selain itu portofolio sang fotografer juga akan menjadi penentu tersendiri dari kesuksesan bisnis freelance fotografer satu ini.

Peluang Usaha Rumahan

11. Usaha Toko Kelontong

Toko kelontong merupakan usaha rumahan yang sudah tidak asing lagi. Bisa dikatakan sebagai salah satu usaha dan bisnis rumahan yang sudah dilakukan dari berpuluh tahun lalu. Serta memberikan untung besar.

Dilakukan secara meluas, memang tidak perlu keraguan lagi bahwa usaha rumahan satu ini memberikan keuntungan besar. Selain itu toko kelontong yang dibuka di rumah juga tidak memerlukan biaya sewa tempat lagi.

Meski menguntungkan dan mudah dilakukan serta dikelola, usaha rumahan toko kelontong memang memerlukan modal tidak sedikit. Meski tentu saja, bukan tidak mungkin memulai usaha ini dari skala kecil terlebih dahulu. Misalnya dengan berjualan snack atau makanan kecil lain.

12. Bisnis Top-up

Bisnis rumahan satu ini juga terus mengalami peningkatan. Serta masih memberikan keuntungan yang cukup besar. Selain pastinya, mudah dikelola dan dijalankan dari rumah.

Seperti namanya, usaha ini merupakan jasa untuk membantu top-up. Mulai dari pengisian pulsa elektrik dan paket internet, listrik prabayar, sampai juga top up untuk e-money yang saat ini juga sedang banyak digunakan.

Usaha rumahan satu ini selain mudah dilakukan, juga tidak membutuhkan modal yang besar. Bahkan perputaran modal untuk usaha ini bisa dibilang cepat. Satu alasan tersendiri mengapa banyak yang masih melakukan usaha rumahan top-up, dengan berbagai variasi berbeda.

13. Usaha Kue dan Makanan Ringan

Berjualan kue di rumah juga menjadi usaha lain yang terbukti dapat mendulang sukses. Kue dan makanan ringan yang dijual bisa buatan tersendiri atau pun mendapatkan dari distributor atau bakery lain. Tentu saja, kue dan makanan ringan buatan rumahan tersendiri akan lebih menarik perhatian.

Beberapa kue yang bisa dijual menjadi bisnis seperti:

  • Brownies
  • Cupcake atau kue mangkok
  • Kukis
  • Donat
  • Bolu
  • Blackforest
  • dan lain-lain

Selain itu juga bisa mencoba menjual makanan ringan seperti risoles, kroket, keripik, dan lain-lain. Makanan ringan seperti ini memang sangat lebih disukai bila dibuat secara rumahan. Sehingga nyaris memastikan bisnis ini akan meraih sukses.

14. Buka Warung Makan

Usaha rumahan lain yang juga sama-sama menguntungkan merupakan warung makan. Tentu saja untuk bisa memulai usaha ini, lebih dulu harus memastikan memang memiliki kemampuan memasak. Sanggup membuat masakan dengan rasa yang enak.

Warung makan merupakan usaha rumahan yang sudah tidak asing lagi. Bahkan sama seperti toko kelontong, warung makan sebagai usaha rumahan sudah dilakukan sejak dulu. Tentunya juga tidak kalah mendapatkan sukses.

Untuk memulai bisnis warung makan rumahan memang tidak bisa tanpa modal. Selain kemampuan memasak, juga pastikan tempat tinggal cukup untuk memulai usaha rumahan satu ini. Selain itu juga pastikan lingkungan memang tepat untuk berbisnis rumahan warung makan.

15. Penjahit Rumahan

Memiliki kemampuan menjahit? Membuka usaha tailor rumahan di rumah bisa jadi pilihan. Usaha satu ini tidak membutuhkan modal yang besar. Selain hanya mesin jahit dan juga kemampuan untuk jahit saja.

Meski tidak membutuhkan modal besar, usaha tailor rumahan justru menjanjikan prospek keuntungan. Usaha ini juga memberikan peluang yang besar serta pastinya menguntungkan. Tidak heran bila sampai sekarang juga masih banyak yang memulai usaha tailor atau penjahit rumahan.

Usaha penjahit rumahan tepat bila tempat tinggal berada di lingkungan padat. Penjahit bisa dilakukan mulai dari untuk memperbaiki kerusakan pada baju, sampai juga sepenuhnya membuat baju baru. Tinggal disesuaikan saja dengan keahlian.

16. Jasa Laundry

Usaha rumahan lain yang bisa dilakukan merupakan laundry. Bisnis laundry memberikan keuntungan yang sangat besar. Terutama bila tempat tinggal berada di lingkungan yang tepat. Seperti di lingkungan padat penduduk dimana kebanyakan adalah pekerja, dekat dengan rumah kos mahasiswa atau karyawan.

Jenis usaha jasa laundry bisa dikatakan salah satu yang memberikan keuntungan besar dengan modal relatif kecil. Selain itu sebagai usaha rumahan, laundry juga tidak memerlukan ruangan khusus yang besar. Bahkan bisa saja digunakan di tempat yang sama untuk mencuci pakaian sehari-hari.

Agar usaha jasa laundry semakin sukses, jangan ragu untuk memberikan promosi maupun penawaran-penawaran menguntungkan untuk para pelanggan.

17. Buka Usaha Warung Kopi

Sama juga dengan toko kelontong maupun warung makan, warung kopi juga sebagai usaha rumahan yang banyak dilakukan. Warung kopi menjadi pilihan usaha rumahan yang tepat bila lingkungan sekitar banyak orang yang gemar nongkrong. Para muda mudi, bapak-bapak, bahkan ibu rumah tangga yang mungkin senang menghabiskan waktu bersama-sama.

Di lingkungan seperti ini, usaha warung kopi jadi pilihan yang tepat.

Usaha warung kopi juga tidak menuntut kemampuan memasak seperti warung makan. Modal yang dibutuhkan untuk usaha rumahan warung kopi ini juga tidak sebesar toko kelontong. Sehingga jadi pilihan paling pas bila memiliki modal terbatas serta tidak mempunyai kemampuan memasak.

18. Tempat Cuci Motor

Rumah berada di pinggir jalan atau memiliki lahan yang luas? Usaha tempat cuci motor bisa jadi pilihan. Seperti juga beberapa usaha rumahan lain, untuk membuka tempat cuci motor tidak dibutuhkan keahlian khusus. Bahkan tidak banyak modal yang akan diperlukan untuk memulai usaha ini.

Tidak butuh modal besar dan juga keahlian, untuk memulai usaha tempat cuci motor hanya diperlukan lokasi yang tepat. Terutama bila membuka usaha ini di rumah. Ketersediaan air dan sistem pembuangan air kotor juga harus jadi perhatian.

Agar usaha tempat cuci motor laris, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Seperti menyediakan berbagai promosi dan juga voucher untuk potongan harga.

19. Agen

Menjadi agen juga merupakan peluang bisnis rumahan yang akan terbukti sukses. Baik itu agen untuk gas LPG, sampai agen beras akan bisa dilakukan di rumah. Tentunya dengan cara mudah dan tidak membutuhkan kemampuan khusus pula.

Usaha rumahan sebagai agen sebenarnya menjadi salah satu peluang yang menguntungkan. Terutama bila di rumah juga memiliki usaha lain seperti toko kelontong. Maka usaha agen ini akan semakin memberikan keuntungan besar.

Hanya saja meski tidak membutuhkan kemampuan khusus, menjadi agen sebenarnya membutuhkan modal yang cukup besar. Sebanding dengan keuntungan besar yang juga bisa didapatkan dengan menjadi agen beras atau LPG pula.

20. Percetakan dan Pengetikan

Usaha rumahan satu ini juga menjadi salah satu peluang yang menjanjikan. Percetakan dan pengetikan merupakan dua usaha rumahan yang mudah dan bisa dilakukan nyaris tanpa memerlukan modal. Hanya dengan ber.bekal komputer, printer, dan mungkin kemampuan untuk mengetik.

Memulai usaha pengetikan juga sangat mudah. Terutama untuk rumah yang berada di lingkungan sekolah atau kampus. Maka usaha ini sudah pasti akan semakin tepat dan cocok untuk dijalankan.

Untuk percetakan sendiri, usaha ini bisa dimulai dari percetakan dokumen sampai untuk mencetak foto. Tentunya agar usaha ini lancar diperlukan printer dengan kemampuan mencetak foto dan dokumen yang cukup mumpuni.

21. Potong Rambut Rumahan

Potong rambut rumahan juga menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. Terutama bila tempat tinggal berada di lokasi padat penduduk, maka usaha rumahan satu ini akan semakin dibutuhkan.

Potong rambut rumahan memang menjadi versi sederhana dari salon kecantikan. Biasanya ditujukan untuk anak-anak atau orang dewasa yang hanya membutuhkan potongan rambut sederhana dan cepat. Tentunya juga dengan harga yang lebih terjangkau dari salon.

Memulai usaha ini tidak dibutuhkan modal besar. Justru sebaliknya. Hanya dengan bermodalkan peralatan potong rambut dan juga keahlian khusus untuk memotong rambut maka sudah akan bisa memulai usaha satu ini.

22. Salon Kecantikan

Selain potong rambut rumahan, salon kecantikan juga bisa menjadi alternatif untuk usaha rumahan. Meski tentunya untuk usaha rumahan satu ini akan dibutuhkan kemampuan serta peralatan lebih.

Usaha salon kecantikan rumahan bisa dimulai dengan cukup sederhana dan mudah. Misalnya saja memulai dengan menyediakan perawatan rambut dan wajah, seperti:
  • Creambath
  • Blow dry
  • Hair mask
  • Facial
  • Peeling
  • Masker
  • Lulur
  • dan lain-lain

Perawatan kulit wajah dan rambut ini banyak dibutuhkan, terutama untuk ibu-ibu dan remaja di daerah rumahan. Adanya salon kecantikan rumahan juga pastinya memberikan harga yang lebih terjangkau untuk perawatan tersebut dibandingkan di pusat kecantikan besar. Usaha ini juga bisa digabungkan dengan potong rambut agar lebih lengkap serta menarik.

23. Usaha Katering Makanan Sehari-hari

Katering merupakan satu usaha kuliner yang semakin merebak. Menariknya, katering bukan hanya untuk acara-acara saja, seperti pernikahan dan lain-lain. Saat ini sudah banyak usaha kuliner rumahan yang menawarkan katering untuk sehari-hari.

Usaha katering untuk sehari-hari akan sangat cocok ditujukan pada konsumen pekerja kantoran, karyawan, sampai mahasiswa. Mereka biasanya terlalu sibuk dan tidak sempat untuk memasak sendiri. Sehingga katering akan menjadi jawaban paling mudah untuk mendapatkan makanan rumahan dengan harga terjangkau.

Usaha katering makanan sehari-hari akan lebih menarik bila menawarkan menu berbeda untuk para konsumen. Biasanya katering yang ditawarkan untuk makanan siang dan juga malam.

24. Katering Sehat atau Diet

Jenis katering lain selain untuk acara dan makanan sehari-hari merupakan katering sehat atau diet. Katering diet sebenarnya juga sama dengan makanan sehari-hari; akan diberikan untuk menu makan siang dan malam. Hanya saja perbedaan terbesar antara kedua jenis katering ini terletak pada menu yang ditawarkan.

Menu untuk katering sehat atau diet tentu saja harus rendah kalori dan lemak, serta kaya akan protein. Bisa ditentukan juga misalnya katering diet untuk penyakit tertentu, wanita hamil, atau anak dengan kebutuhan nutrisi khusus. Sedangkan untuk katering diet tentu memiliki menu-menu yang akan membantu menurunkan atau menaikkan berat badan.

25. Persewaan Pakaian

Ingin usaha rumahan yang berbeda? Persewaan pakaian bisa dilirik. Usaha persewaan pakaian ini tidak kalah laris dan dibutuhkan. Serta cocok dijalankan di rumah.

Untuk memulai usaha persewaan pakaian memang dibutuhkan modal yang cukup besar. Terutama untuk memperbanyak koleksi pakaian yang akan disewakan. Namun setelah itu, usaha ini bisa dengan cukup mudah berjalan tanpa adanya permasalahan.

  • Beberapa ide pakaian yang bisa disewakan seperti:
  • Baju pengantin tradisional
  • Baju pengantin modern
  • Baju untuk bridesmaid atau pendamping pengantin
  • Baju pesta
  • Baju adat, baik itu untuk dewasa atau anak-anak
  • Kostum tokoh atau karakter film

Koleksi pakaian ini bisa didapatkan dan nantinya disewakan untuk berbagai acara dan kepentingan.

26. Usaha Cuci Sepatu

Jenis usaha rumahan lain yang unik, berbeda dari yang lain namun menguntungkan adalah cuci sepatu. Usaha satu ini memang belum banyak dilakukan, meski memberikan peluang yang besar. Selain itu usaha ini juga cukup mudah untuk dilakukan di rumah.

Cuci sepatu tidak membutuhkan modal besar. Sebaliknya, hanya diperlukan perlengkapan cuci biasa dan beberapa alat lain untuk memastikan hasil cuci sepatu sempurna. Pengetahuan mengenai petunjuk pencucian sepatu berdasarkan dari materialnya juga sangat penting untuk diketahui.

Meski masih belum banyak dilakukan, usaha cuci sepatu terbukti sukses. Buktinya saat ini sudah ada semakin banyak perusahaan yang membuka tempat usaha dan bisnis pencucian sepatu.

27. Jasa Daycare

Daycare atau penitipan anak dan bayi menjadi peluang usaha rumahan berikutnya. Usaha satu ini juga tidak membutuhkan modal besar. Hanya keahlian serta pengetahuan, bahkan juga pengalaman untuk mengasuh dan menjaga anak serta bayi.

Kemampuan, keahlian, pengalaman dan bahkan sertifikat memang sangat penting untuk membuka usaha daycare. Pastikan juga memiliki kesabaran dan ketelatenan ketika mengurus anak.

Untuk memulai usaha daycare sendiri diperlukan persiapan yang cukup mendalam. Salah satunya untuk memastikan sudah memiliki kemampuan serta pengalaman yang memang dibutuhkan untuk memulai tempat penitipan serta pengasuhan anak. Usaha ini akan cocok bila tempat tinggal berada di lingkungan dengan orangtua bekerja

28. Persewaan Buku

Usaha satu ini sempat booming beberapa tahun sebelumnya sebagai bisnis rumahan. Sayangnya saat ini sudah mulai meredup, meski tidak sepenuhnya ditinggalkan.

Bila tempat tinggal berada di lingkungan dengan banyak anak-anak sampai remaja, membuka persewaan buku bisa menjadi alternatif usaha. Pastikan memiliki koleksi buku yang lengkap. Mulai dari komik, buku untuk anak-anak, novel fiksi dan non fiksi, bahkan bila mungkin buku-buku asing.

Agar tempat persewaan buku lebih menarik, bisa digabung dengan taman membaca. Dimana akan ada tempat khusus untuk para anak-anak atau remaja berkumpul, membaca, dan saling berdiskusi mengenai buku yang mereka baca.

29. Persewaan Perlengkapan Bayi

Saat ini banyak orang tua yang memilih untuk menyewa perlengkapan bayi. Daripada membeli baru. Bukan hanya karena harga perlengkapan bayi terbilang mahal, melainkan juga karena waktu penggunaan yang pendek.

Beberapa perlengkapan bayi yang biasa disewakan antara lain:
Tempat tidur bayi. Bisa berupa boks atau yang digabung ke atas tempat tidur secara langsung.
  • Keranjang bayi
  • Car seat
  • Kereta dorong
  • Tempat untuk bayi berganti pakaian
  • Lemari baju bayi
  • Bak mandi bayi
  • Ayunan untuk bayi
  • dan banyak lain

Memulai bisnis persewaan peralatan bayi memang membutuhkan biaya dan resiko yang cukup besar. Walau tidak dipungkiri keuntungan dan prospek dari bisnis ini juga sangat menjanjikan.

Rekomendasi artikel: Aneka Kreatif Kerajinan dari Bambu yang Bisa Anda Coba

Peluang Usaha Sampingan

30. Dropshipper

Peluang usaha sampingan merupakan salah satu yang juga wajib dilirik. Usaha sampingan biasanya dilakukan selain pekerjaan utama. Jadi bila memiliki sebuah pekerjaan, usaha sampingan ini bisa menjadi kesempatan untuk mendapatkan uang tambahan.

Salah satu usaha sampingan yang menjanjikan tentu saja dropshipper. Saat ini sudah ada banyak sekali pilihan untuk dropshipper. Tinggal disesuaikan produk yang sekiranya akan mendapatkan keuntungan terbesar.

Dropshipper juga nyaris tidak membutuhkan modal. Untuk menjalankan bisnis ini cukup berbekal koneksi internet, kemampuan pemasaran atau marketing, dan juga rekening bank saja. Mudah dan menguntungkan pastinya!

31. Toko Online

Toko online memang berbeda dengan dropshipper. Meski keduanya sama-sama berjualan dan dilakukan secara online.

Perbedaan terbesar antara toko online dan dropshipper, toko online memiliki barang mereka sendiri. Sedangkan dropshipper hanya menjualkan barang dari toko online lain. Kedua bentuk penjualan ini sudah sangat umum di era digital seperti sekarang.

Beberapa barang yang termasuk menguntungkan untuk dijual di toko online diantaranya seperti:
  • Kosmetik
  • Baju
  • Mainan
  • Buku
  • Pernak-pernik perlengkapan rumah
  • dan lain-lain

Toko online membutuhkan modal yang terbilang tidak sedikit. Agar toko online sukses juga sebaiknya mengetahui teknik digital marketing yang tepat. Bisa juga memanfaatkan marketplace untuk memudahkan proses jual beli dengan toko online.

32. Wedding atau Event Organizer

Usaha sampingan satu ini sudah pasti memberikan keuntungan tidak sedikit. Walau tentu saja, untuk memulai bisnis ini dibutuhkan pengalaman, kemampuan, dan juga networking yang luas dengan klien. Keuntungannya, usaha ini tidak membutuhkan modal.

Wedding atau event organizer memang akan pas dijadikan usaha sampingan. Meski di sisi lain, usaha ini juga akan cocok berkembang menjadi sebuah bisnis dengan prospek menguntungkan.

Seperti disinggung di atas, untuk memulai bisnis wedding atau event organizer tidak dibutuhkan modal. Bisnis ini bisa berjalan tanpa memerlukan modal sama sekali di awal. Hanya saja, keahlian dan pengalaman akan sangat dibutuhkan.

33. Guru Les

Satu lagi usaha sampingan yang akan memberikan keuntungan. Guru les sudah sangat lama menjadi pilihan peluang usaha sampingan. Bukan hanya untuk para mahasiswa saja. Mereka yang berprofesi karyawan juga bisa memiliki usaha ini.

Untuk memulai usaha ini, modal bukan kebutuhan utama. Sebaliknya, kemampuan dan keahlian di satu bidang merupakan hal paling penting. Peluang usaha ini mulai dari menjadi guru les untuk siswa sampai kemampuan khusus.

Beberapa contoh bidang yang bisa jadi pilihan les seperti:
  • Bahasa Inggris
  • Pelajaran secara umum
  • Matematika
  • Sempoa
  • Alat musik seperti gitar, piano, atau bahkan drum
  • Menyanyi
  • dan sebagainya.

Tinggal pilih dan tentukan kemampuan khusus yang bisa diajarkan dalam les.

34. Hidroponik atau Urban Farming

Usaha pertanian di rumah juga bisa menjadi peluang untuk sampingan. Saat ini sudah banyak orang yang mulai gemar bercocok tanam dengan cara hidroponik atau urban farming. Cara bercocok tanam ini tepat dilakukan di perkotaan dengan lahan yang sempit.

Menjadikan hidroponik atau urban farming sebagai usaha sampingan bisa dengan beberapa cara. Mulai dari menjual hasil panen dari hidroponik atau urban farming, sampai juga mengajarkan atau menjual perlengkapan untuk bercocok tanam ini.

Hasil panen hidroponik atau urban farming juga saat ini lebih diminati. Selain lebih segar, hasil panen yang berupa sayur serta buah juga terhindar dari pestisida.

Peluang Usaha Lainnya

35. Rental dan Kursus Mobil

Bila memiliki modal lebih, usaha rental dan juga kursus menyetir mobil bisa dicoba. Kedua jenis usaha ini biasanya dijalankan di waktu bersamaan. Meski tidak menutup kemungkinan untuk hanya menjalankan satu jenis usaha saja.

Usaha rental mobil digemari karena tidak banyak orang yang memilih untuk memiliki kendaraan sendiri. Sehingga untuk beberapa aktivitas, seperti berwisata keluarga, akan membutuhkan rental mobil.

Sedangkan usaha kursus mobil sudah pasti dibutuhkan. Untuk memulai usaha ini akan dibutuhkan mobil khusus. Selain juga instruktur yang memang sudah benar-benar ahli dalam menyetir mobil. Serta mampu mengajar cara menyetir.

36. Waralaba atau Franchise

Peluang usaha satu ini akan tepat bila memiliki modal dan ingin proses yang cepat. Keuntungan dari bisnis franchise atau waralaba sendiri terletak pada kemudahan yang ditawarkan. Tidak perlu lagi memikirkan persiapan, nama brand, resep bila bisnis ini bergerak di bidang kuliner, sampai desain kemasan atau kios. Semua perlengkapan tersebut akan disiapkan ketika memilih franchise tertentu.

Saat ini ada banyak sekali franchise atau waralaba yang menjadi pilihan. Tips terbaik untuk memilih usaha waralaba bukan hanya yang saat ini sedang menjadi tren atau populer saja. Melainkan bisnis waralaba yang menunjukkan prospek kesuksesan di masa depan.

37. Tour Wisata

Tour wisata merupakan salah satu bisnis yang bisa menguntungkan. Meski di tengah pandemi saat ini, wisata tetap bisa berjalan dengan menaati protokol kesehatan. Bahkan banyak orang yang malah memilih berwisata di dalam tur demi memastikan keamanan dan persiapan protokol yang matang.

Meski tidak dalam masa pandemi, bisnis tour wisata menjanjikan keuntungan besar. Usaha in bisa berjalan dengan modal yang tidak seberapa besar. Asalkan benar-benar memiliki pengalaman atau hobi untuk berwisata.

Akan lebih baik lagi bila di dalam tur, menawarkan konsep yang berbeda. Misalnya saja mengunjungi tempat wisata anti mainstream, sampai perjalan dengan tema-tema tertentu yang pastinya lebih menarik.

38. Pet Shop

Peluang usaha lain yang menjanjikan adalah pet shop. Pet shop atau toko perlengkapan hewan peliharaan sangat digemari dengan semakin tingginya ketertarikan akan hewan peliharaan itu sendiri. Seperti kucing, anjing, bahkan kelinci.

Ada banyak sekali pilihan perlengkapan hewan peliharaan yang bisa dijual di pet shop. Diantaranya seperti:
  • Makanan
  • Vitamin dan suplemen
  • Sampo, parfum, bedak, dan lain-lain
  • Mainan untuk hewan peliharaan
  • Kalung dan rantai
  • Obat-obatan
  • Pasir kucing
  • Tempat tidur khusus
  • dan lain sebagainya.

Pet shop biasanya sekaligus juga dengan dokter hewan atau vet. Meski ini bukan satu keharusan. Selain itu akan lebih menarik juga bila di pet shop terdapat layanan untuk grooming hewan peliharaan.

39. Kerajinan Tangan

Hobi membuat kerajinan tangan? Ini bisa menjadi sebuah peluang usaha. Saat ini kerajinan tangan sedang sangat digemari dan diburu. Seperti makrame sebagai salah satu contohnya.

Selain itu juga ada banyak sekali jenis kerajinan tangan yang bisa menjadi usaha. Hanya perlu mengembangkan kreativitas dan juga kemampuan untuk bisa membuat kerajinan tangan menarik dan bisa dipergunakan. Entah itu untuk hiasan dan perlengkapan rumah, maupun untuk dikenakan.

Agar kerajinan tangan menarik untuk dijual, keunikan memang menjadi poin utama. Selain itu dibutuhkan juga kemampuan marketing. Sehingga pemasaran kerajinan tangan bisa secara meluas.

Nah, itulah kurang lebih 40 jenis peluang usaha yang bisa Anda coba di rumah. Jika ditekuni secara serius bukan tidak mungkin penghasilan Anda lebih besar dari pekerjaan tetap Anda sebelumnya. Bahkan bisa jadi Andalah calon usaha sukses yang akan datang. Semoga dapat memberikan inspirasi.

LihatTutupKomentar