Ini Dia 7 Perusahaan Konstruksi Besar di Yogyakarta (Update)

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan julukan kota pelajar karena memiliki kampus terbanyak di Indonesia yang rata-rata sangat berkualitas.

Sebagai kota pelajar, DI Yogyakarta telah melahirkan banyak sekali tenaga profesional baik di bidang pendidikan, perdagangan maupun dalam bidang konstruksi.

Dalam bidang konstruksi, hal ini dibuktikan dengan semakin berkembangnya jumlah badan usaha/perusahaan baik dalam bentuk Perseroan Terbatas, CV, Koperasi maupun dalam bentuk badan usaha lainnya.

perusahaan-konstruksi-di-yogyakarta

Berdasarkan beberapa sumber, di Yogyakarta tercatat ada sekitar 1.900 kontraktor konstruksi, terdiri dari Perseroan Terbatas, CV, koperasi, dan dalam bentuk badan usaha lainnya.

Dari keseluruhan jumlah tersebut diperkirakan ada beberapa perusahaan berskala besar, contohnya PT Aneka Dharma Persada, PT Calista Perkasa Mulia, dan lain-lain. Ada baiknya baca juga 50+ perusahaan konstruksi terbaik di Surabaya di artikel sebelumnya.

Nah di bawah ini profil singkat perusahaan besar di bidang konstruksi yang ada di Yogyakarta, atau pernah mengerjakan proyek di sana.

1. PT  AMARTA KARYA (Persero)

Amarta Karya merupakan perusahaan nasional yang bergerak dalam multi bidang seperti manufaktur, konstruksi dan investasi. 

Selain bidang konstruksi baja yang menjadi bisnis intinya sejak awal, badan usaha milik negara ini juga mengembangkan sayap ke bidang pekerjaan sipil, listrik dan mekanik.

Beberapa waktu yang lalu, berdasarkan berita dari berbagai media, Amarka Karya bersama dengan PT Waskita Karya (Persero) telah menandatangani kontrak proyek pembangunan Gedung Gelanggang Inovasi dan Kreativitas (GIK) Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta.

Dibangun di lahan seluas 49.500 m2, Gelanggang Inovasi dan Kreativitas ini terletak di sisi barat Jalan Pancasila, dengan tapak bangunan direncanakan seluas 19.817,50 m2. Bangunan ini memiliki 3 lantai dan bagian atap rencananya akan difungsikan sebagai ruang terbuka.

2. PT ANEKA DHARMA PERSADA

kontraktor-yogyakarta

Perusahaan didirikan pada tahun 2004 di Bantul dengan nama PT Aneka Dharma, dan bergerak dalam bidang usaha jasa konstruksi.

Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2018 dan OHSAS 18001:2007 gencar dilakukan dalam upaya pengembangan dan peningkatan pelayanan dan kepuasan pelanggan.

Kemudian pada tahun 2011 nama PT Aneka Dharma disempurnakan menjadi PT Aneka Dharma Persada. Lini usaha kemudian semakin berkembang dengan menambah pelayanan beton precast.

Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan proyek, PT. ADP membangun 2 plant di Yogyakarta. Plant 1 terletak di kecamatan Sedayu, Bantul, sedangkan Plant 2 berada di kecamatan Piyungan, kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Beberapa proyek yang sukses dikerjakan PT Aneka Dharma Persada di Yogyakarta, antara lain: Jembatan Lemah Abang, Jaringan Irigasi D.I.Kaliwang, Jalan Embung Sriten, New Yogyakarta International Airport, dan lain-lain.

3. PT WIRA JASA PERSADA

Perusahaan konstruksi yang beralamat di Umbulharjo kota Yogyakarta ini merupakan kontraktor yang cukup berpengalaman dalam mengerjakan proyek besar.

Beberapa contoh proyek yang sukses dikerjakan, antara lain:

  • Pembangunan jalan KA Baru Km. 45+991 S/D Km. 48+858 Sepanjangt 2.867 M dan Jalan Rel Antara Karangjati-Sedadi yang dikerjakan pada 30 March 2012 - 12 November 2013 lalu.
  • Penyempurnaan/ Normalisasi Jalan KA dan Jembatan Eksisting Tubuh Baan dan Sipil dari KM.18+950 s.d KM.25+625 sepanjang 1975?M pada 24 April 2014 - 21 November 2014.
  • Pembangunan Tubuh Baan Reaktivasi Jalur KA KM.23+000 s/d KM.25+977 antara Kuala Begumit ? Stabat pada 7 July 2015 - 15 December 2015 lalu.
  • Serta berbagai proyek lainnya.

Selain tiga perusahaan konstruksi di atas, masih ada beberapa kontraktor lagi yang menurut admin pantas dikategorikan kontraktor besar, antara lain: 

4. PT CALISTA PERKASA MULIA

5. PT EMPAT TUJUH

6. PT LAKSONO SETYO MULYO

7. PT YASA POLA REMAJA

Artikel lainnya: Daftar lengkap perusahaan besar di Jakarta yang bergerak dalam bidang konstruksi.

Itulah daftar perusahaan konstruksi besar (versi penulis) yang ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, atau pernah menggarap proyek besar di sana. Mungkin dari anda ada yang punya pendapat berbeda? Silahkan berkomentar di kolom komentar di bawah.

Semoga bisa membantu buat yang sedang mencari informasi perusahaan konstruksi atau kontraktor yang ada di Yogyakarta.

Update terakhir, 12/12/2022

LihatTutupKomentar