Mengenal Kontraktor Kolam Renang dan Beberapa Hal di Sekitarnya

IDNCON | Kontraktor kolam renang merupakan salah satu pihak yang memegang peranan yang sangat penting untuk pembangunan atau perancangan sebuah kolam renang. Setiap pembuatan kolam renang membutuhkan pihak kontraktor yang sangat memahami seluk-beluk dari proses pembuatan hingga pemeliharaan. 

Setiap hal yang diperlukan untuk pembuatannya akan dirancang dan dipantau secara langsung oleh pihak kontraktor. Hal ini akan sangat membantu menjadikan kolam renang tersebut sangat efektif dan efisien baik sebelum maupun setelah dibuat. Pemiliknya bisa merasa lebih puas dan manfaat dari kolam tersebut bisa dirasakan dengan lebih baik. 

kontraktor-kolam-renang

Kolam renang outdoor

Jika banyak orang yang mengira untuk pembangunan kolam renang tidak membutuhkan kontraktor maka hal itu sangat keliru. Dapat Anda bayangkan pembangunan sebuah bangunan termasuk kolam renang yang cukup luas tanpa dipantau langsung oleh kontraktor maka hasilnya bisa saja tidak maksimal. 

Pengertian Kontraktor Kolam Renang

Kontraktor merupakan istilah yang cukup umum digunakan untuk menyebut salah satu pihak yang menangani sebuah kontrak pembangunan. Orang Indonesia sering juga menyebut istilah ini dengan istilah pemborong karena biasanya sistem kerja yang dijalankan yaitu borongan. 

Sementara itu, kontraktor untuk kolam renang berarti seseorang atau badan usaha yang sudah memiliki surat kesepakatan kontrak secara khusus untuk bisa menjalankan sebuah proyek pembuatan kolam renang. Setiap kontraktor tersebut  biasanya sudah menyetujui perjanjian sewa atau kontrak yang berdasarkan kesepakatan dari pemberi kerja dan kontraktor pelaksana. 

kolam-renang-magelang

Sumber : https://www.posjateng.id/gaya-hidup/proyek-kolam-renang-pusat-olahraga-sanden-magelang-selesai.

Pemberi kerja seringkali disebut sebagai owner karena merupakan pemilik proyek yang memberikan pekerjaan terhadap pihak lain. Pihak ini juga biasanya memiliki uang dan kemudian memberikan pekerjaan kepada pihak lain atau pemborong. Mereka biasanya berbentuk perorangan, badan usaha, organisasi hingga instansi. 

Proyek pembangunan kolam renang pada dasarnya sama dengan jenis proyek lainnya yang membutuhkan project planning - perhitungan yang sangat matang mulai dari segi biaya hingga pelaksanaannya. Tidak sembarang pekerja bisa benar-benar melaksanakan proses pembuatan kolam sesuai permintaan klien sehingga kontraktor kolam renang bisa menjadi perantara. 

Rekomendasi artikel: Definisi Project Planning serta Penjelasannya

Tipe Kolam Renang

Kolam renang memiliki berbagai bentuk sesuai dengan kebutuhan atau tipe bangunan. Namun secara umum kolam renang berbentuk persegi, persegi panjang hingga menyerupai danau. ukurannya pun seringkali disesuaikan dengan jenis bangunan dan kebutuhan orang-orang di sekitarnya. 

Untuk lebih mudahnya berikut ini akan dijelaskan mengenai jenis kolam renang yang juga menjadi salah satu bagian terpenting yang akan dipaparkan oleh kontraktor kolam renang. 

1. Kolam Renang Indoor

Jenis ini biasanya dibangun di dalam area rumah dengan tujuan agar pemiliknya bisa menggunakannya untuk berenang dalam berbagai kesempatan. Jenis kolam ini biasanya dapat digunakan kapanpun termasuk saat malam hari. 

Hal ini dikarenakan kondisi di sekitarnya cukup teduh di siang hari dan tidak terlalu dingin saat di malam hari karena lokasinya yang cukup tertutup dan terlindungi. Ukurannya biasanya tidak terlalu luas karena menyesuaikan dengan ukuran rumah serta tanah di sekitarnya. 

2. Kontraktor Kolam Renang Menangani Kolam Renang Outdoor

Selanjutnya terdapat jenis kolam renang outdoor yang umumnya dibangun dalam bentuk yang lebih luas dibandingkan dengan kolam indoor. Para kontraktor juga cukup sering menangani proyek untuk kolam renang outdoor terutama untuk dijadikan tempat wisata. 

Jenis ini lebih mudah untuk ditambahkan aksesoris seperti payung, kursi, hingga lampu hias. Area yang lebih luas menjadikan aksesoris menjadi lebih mudah untuk digunakan. Namun dibandingkan kolam indoor kolam outdoor membutuhkan biaya pembangunan yang relatif lebih sedikit. 

3. Kolam Renang Lap Pool

Kontraktor kolam renang juga seringkali menangani proyek pembuatan kolam renang Lap Pool yang merupakan salah satu jenis kolam renang dengan bentuk yang memanjang dan sedikit sempit. Jenis ini dibangun untuk orang yang memiliki masalah kesehatan sehingga bisa berenang dengan waktu yang intensif. 

4. Kolam Renang Overflow

kolam-renang-overflow

Sumber : https://www.kolamkuindah.com/2017/02/kolam-renang-overflow.html.

Jenis berikutnya ini memiliki batas air tertentu yang biasanya berukuran cukup tinggi hingga ke dinding kolam. Jenis ini bisa memberikan efek yang lebih menyegarkan karena air yang sangat melimpah. Jenis ini sangat cocok bagi Anda yang senang bermain air maupun berenang dengan air yang sangat banyak. 

5. Exercise Pool

Jenis yang satu ini merupakan kolam renang untuk latihan yang sering digunakan berlatih berenang oleh para atlet. Kolam ini akan dibekali oleh pengatur arus sehingga para perenang bisa lebih mudah untuk bergerak atau berpindah tempat di air kolam. Hal ini sangat berpengaruh bagi para perenang sehingga mereka bisa lebih maksimal dalam berlatih. 

Tips Memilih Jasa Kontraktor Kolam Renang 

Terdapat hal lain yang perlu Anda ketahui yang berhubungan dengan jasa kontraktor kolam renang yaitu bagaimana tips memilih kontraktor tersebut. Kontraktor atau pemborong di bidang ini sudah cukup banyak sehingga Anda bisa saja cukup kesulitan saat memilihnya. Agar Anda bisa lebih selektif dan tepat dalam memilih beberapa tips berikut bisa Anda coba lakukan:
  • Pastikan legalitas yang dimiliki berbadan hukum yang jelas (SIUP / SIUJK). 
  • Cek apakah terdapat nomor telepon yang jelas dan terdaftar di badan resmi. 
  • Cek domisili perusahaan dari kontraktor tersebut. 
  • Pastikan harga yang ditawarkan masuk akal dan tidak terlalu murah. 

Biaya Jasa Kontraktor Kolam Renang 

Jasa ini memiliki sistem perhitungan yang disesuaikan dengan jenis proyek yang akan ditangani. Biaya tersebut meliputi kebutuhan material untuk membangun kolam renang serta biaya jasa kontraktor. Perhitungan biaya tersebut nantinya harus disepakati oleh kedua belah pihak terutama oleh pihak pengguna jasa. 

Jumlah yang perlu dibayar dari setiap jasa kontraktor biasanya berbeda-beda. Kontraktor kolam renang Jakarta cenderung lebih mahal dibanding kontraktor kolam renang Surabaya. Atau Anda lebih suka dengan kontraktor kolam Yogyakarta?

Selain disesuaikan dengan perusahaan kontraktornya, jenis kolam yang akan dibangun juga sangat menentukan biaya yang akan dikeluarkan. 

Itulah beberapa hal tentang kontraktor kolam renang yang bisa memberikan referensi bagi Anda yang menggunakan jasa tersebut. Sebelum memilih dan menggunakan jasa ini informasi di atas bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda. 

Ada baiknya baca juga daftar perusahaan konstruksi terbesar di Jakarta, Surabaya, atau Yogyakarta.

www.idnco.web.id

LihatTutupKomentar