Panduan Pemesanan Pasang Pin Bisnis di Google Map

Google Maps adalah layanan peta web yang disediakan oleh Google. Fitur ini telah menjadi salah satu layanan peta paling populer di dunia, dan telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari banyak orang.

panduan-pasang-pin-bisnis-di-google-maps


Selain bermanfaat guna menemukan jalan ke suatu tujuan, Google Maps juga telah menjadi alat yang sangat berguna bagi bisnis-bisnis untuk menunjukkan lokasi mereka kepada pelanggan potensial.

Kabar terbaiknya adalah layanan pemasangan pin lokasi di Google Maps bukan hanya untuk pebisnis besar saja. Tapi bisa diterapkan untuk semua pemilik bisnis, termasuk warung sekalipun.

Keuntungan Google Maps Buat Pemilik Bisnis

Banyak keuntungan yang didapat oleh pemilik bisnis, termasuk kontraktor dan layanan jasa konstruksi seperti anda. Ketika tempat usaha anda terindeks dan muncul di penelusuran Google maps, beberapa manfaat dan keuntungannya adalah:

1. Mempermudah pelanggan menemukan lokasi bisnis

Dengan menambahkan pin bisnis, pelanggan dapat dengan mudah menemukan lokasi bisnis anda dan mengetahui informasi seperti alamat, nomor telepon, dan jam operasional.

2. Memperluas jangkauan bisnis

Google Maps menyediakan akses di seluruh dunia, sehingga membantu bisnis anda terlihat oleh pelanggan potensial di sekitar area anda khususnya, dan bahkan bisa dilihat oleh pengguna di seluruh dunia.

3. Meningkatkan SEO (Search Engine Optimization)

Dengan menambahkan pin lokasi bisnis, secara tidak langsung anda sudah berhasil meningkatkan SEO website anda karena Google Maps merupakan bagian dari hasil pencarian Google.

4. Mengumpulkan ulasan pelanggan

Pelanggan dapat memberikan ulasan tentang bisnis anda, sehingga dapat membantu meningkatkan citra bisnis anda dan membantu pelanggan potensial memutuskan untuk datang ke lokasi.

5. Menawarkan fitur navigasi

Google Maps menawarkan fitur navigasi yang membantu pelanggan sampai ke lokasi bisnis anda dengan mudah.

6. Menawarkan fitur Street View

Fitur Street View membantu pelanggan melihat gambar 360 derajat jalan-jalan di sekitar lokasi, sehingga membuat bisnis anda lebih terlihat nyata dan terpercaya.

Secara keseluruhan, Google Maps merupakan layanan peta yang sangat berguna yang membantu pemilik bisnis, termasuk pemilik usaha bidang konstruksi, bengkel las, bengkel fabrikasi, kontraktor bangunan, dan lain-lain, karena fitur ini dapat meningkatkan visibilitas dan berpeluang menarik pelanggan potensial.

Kerugian Buat Pemilik Bisnis

Meskipun ada banyak keuntungan, memasang pin bisnis di Google Maps juga memiliki resiko. Beberapa kerugian yang mungkin dialami oleh pemilik bisnis yang menggunakan Google Maps adalah:

1. Biaya

Untuk menambahkan bisnis ke Google Maps, pemilik bisnis mungkin harus membayar biaya tertentu kepada jasa pengelolanya, tergantung pada layanan yang dipilih. Tapi bila dikelola sendiri tidak ada biaya apapun yang harus dikeluarkan.

2. Kontrol yang terbatas

Pemilik bisnis tidak memiliki kontrol penuh atas informasi yang ditampilkan di Google Maps, seperti ulasan pelanggan atau gambar yang ditampilkan.

3. Kesalahan informasi

Meskipun Google Maps cenderung akurat, ada kemungkinan terdapat kesalahan informasi yang ditampilkan. Hal ini dapat mempengaruhi reputasi bisnis jika pelanggan datang ke lokasi yang salah atau tidak tersedia informasi yang benar tentang bisnis anda.

4. Kendala privasi

Dengan menambahkan pin bisnis, pemilik mungkin harus memberikan informasi pribadi seperti alamat dan nomor telepon yang akan ditampilkan di peta. Ini dapat menjadi kendala bagi beberapa pemilik bisnis yang menghargai privasi.

5. Ketergantungan terhadap platform

Dengan mengandalkan Google Maps untuk menampilkan informasi bisnis, pemilik bisnis mungkin tergantung pada platform tersebut dan tidak memiliki kontrol penuh atas cara informasi tersebut ditampilkan.

Nah setelah anda tahu keuntungan dan kerugiannya, apakah anda masih punya keinginan memasang pin bisnis dan menggunakan Google Maps? Jika jawaban anda YA, maka berikut ini saya berikan tutorialnya.

Cara Pasang Pin Lokasi Bisnis di Google Maps

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menambahkan bisnis ke Google Maps:
  1. Buka situs atau apk Google Maps, kemudian masuk dengan akun Google anda atau buat akun baru jika belum punya akun.
  2. Bila Gmaps sudah terbuka, cari lokasi tempat yang akan dibuatkan pin.
  3. Sentuh dan tahan beberapa detik titiknya di layar (jika menggunakan ponsel) sampai muncul ikon gelembung merah dan muncul teks “Pin lokasi dipasang.”
  4. Klik pada teks “pin lokasi dipasang” tersebut kemudian masukkan informasi bisnis Anda, termasuk nama bisnis, alamat, dan nomor telepon.
  5. Pilih kategori bisnis yang sesuai. deskripsi singkat, dan tambahkan foto bisnis Anda.
  6. Selanjutnya, klik tombol "Kirim" untuk mengirim permintaan verifikasi.

Tunggu hingga verifikasi selesai. Ini mungkin memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu tergantung pada metode verifikasi yang dipilih. Setelah verifikasi selesai, bisnis anda akan muncul di Google Maps.

Catatan:

Anda juga dapat menghubungi bantuan Google Bisnis untuk informasi lebih lanjut mengenai cara pembuatan profil bisnis.

Itulah ulasan mengenai cara pasang pin lokasi di Google Maps beserta manfaat dan kerugiannya. Secara keseluruhan layanan Google Maps memang sangat menguntungkan buat pemilik bisnis, termasuk kontraktor dan layanan jasa konstruksi lainnya.

Namun, ada beberapa kerugian yang harus dipertimbangkan sebelum menambahkan bisnis ke Google Maps. Dengan memahami manfaat dan kendala dari penggunaan layanan ini, pemilik bisnis termasuk anda bisa membuat keputusan yang harus diambil, mau pasang pin lokasi atau tidak. Selamat mencoba!

LihatTutupKomentar